Mengevaluasi Pengamanan Sistem Basis Data pada RDBMA

A. Password Basis Data
Anda hanya harus mengganti ‘permission type’ value dengan semacam permisson yang hendak Anda berikan kepada user baru. Anda pun harus menentukan nama database dan table. Kedua hal ini mempermudah root user melakukan kontrol yang tepat terhadap pemberian hak akses. Sama seperti contoh di atas, ‘non-root’ adalah username, jadi Anda bebas menggantinya dengan pilihan Anda sendiri

B.Enkripsi Password
 Enkripsi adalah teknik untuk mengamankan data-data tersebut agar isinya tidak diketahui orang lain. Enkripsi biasanya dilakukan terhadap data-data sensitif seperti password.

C.Priviledge
Ketika seorang user berhasil dibuat didalam sebuah database, biasanya user tersebut belum diberikan hak akses terlebih dahulu. Hak yang pertama kali diberikan pada seorang user ketika pertama kali dibuat adalah hak akses untuk login/ koneksi ke database. Dengan hak akses ini seorang user dapat melakukan login terlebih dahulu ke database walaupun user tersebut belum dapat melakukan pekerjaan lainnya sampai hak akses yang lain diberikan kepada user tersebut. Secara umum didalam database terdapat dua jenis hak akses, yaitu hak akses terhadap pengelolaan sistem datbase (system privileges) dan hak akses terhadap obyek database (object privileges). Perintah dasar SQL (structured query language) untuk pengelolaan hak akses adalah GRANT dan REVOKE.

D.Pembatas Keamanan Hak Akses Pengguna Basis Data
Dengan semakin kompleksnya pengolahan data dengan komputer, maka semakin kompleks juga upaya pengamanan dan penyelamatan data dan informasi yang tersimpan dalam komputer, karena tidak semua orang dapat dan boleh mengakes data pada setiap sistem komputer yang ada. Untuk itu diperlukan beberapa cara untuk mengamankan data yang ada dari orang-orang yang tidak bertangung jawab. Oleh karena itu sangatlah perlu cara untuk mengamankan informasiyang terdapat di dalam komputer. Ada beberapa cara untuk pengamanan tersebut, yang secara umum lazim disebut dengan pemberian kata sandi (password) setiap akan masuk ke sistem komputer dan membuka informasi, atau dengan membatasi hak akses kepada pemakai komputer ersebut.


E.Penambahan & Penghapusan Pengguna Basis Data
 Hak Akses Untuk menghapus hak Akses pada User MySQL menyediakan query REVOKE. Penghapusan Hak Akses ini apabila terdapat suatu kebijakan pada user pengguna atau user root mengadakan maintenance user. Selain itu kita tidak haru menghapus User MySQL bila terdapat perubahan, kita hanya menghapus Hak Akses yang terdapat pada user saja. Namun untuk menghapus Hak Akses pada User kita harus mengatahui Hak Akses yang terdapat pada user tertentu karena setiap User pasti terdapat Hak Akses yang berbeda-beda. untuk mengecek Hak Akses yang terdapat pada User MySQL menyediakan query GRANTS, GRANTS ini biasanya diikuti dengan query kondisi User.



Comments